Hindari 5 Kebiasaan ini Agar Bebas dari Diabetes

January 20, 2018

Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular tapi bisa menurun yang jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penyakit yang identik dengan kadar gula darah yang tinggi ini karena pankreas tidak bisa (lagi) memproduksi insulin ataupun suatu kondisi dimana otot, lemak dan sel-sel hati tidak dapat merespon insulin secara normal. Bisa juga kedua hal tersebut muncul bersama dan menyebabkan penaykit diabetes atau yang umum dikenal dengan sebutan penyakit gula.

Penyakit diabetes membahayakan tubuh, tidak sedikit penderitanya sampai meninggal dunia jika tidak diketahui sejak dini sehingga terlambat mendapatkan pengobatan dan treatment sejak awal. Secara umum, penyakit diabetes ini muncul karena dipicu oleh pola makan dan pola hidup tidak sehat. Makanan dan minuman yang dikonsumsi dan ditambahi dengan berbagai kebiasaan tidak baik menjadi faktor utama yang menjadikan tubuh mudah terkena diabetes.

Saat seseorang terkena diabetes maka akan terganggu kemampuan organ tubuh untuk menggunakan glukosa ke dalam sel. Pada tubuh yang normal bisa memecah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi menjadi glukosa, yang merupakan bahan bakar untuk sel-sel tubuh. Agar glukosa bisa masuk ke dalam sel dibutuhkan insulin. 

Padahal ketika orang menderita diabetes artinya tubuhnya tidak memiliki insulin. Kalau sel-sel tidak dapat menyerap/menggunakan glukosa, akan terjadi penumpukan glukosa dalam aliran darah. Kondisi dimana kadar glukosa darah yang tinggi inilah yang kemudian akan merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata, dan sistem saraf. Bisa dipahami kan kalau seseorang trekena diabetes dan telat diketahui atau tidak mendapatkan perawatan yang tepat akan menyebabkan penyakit ginjal, penyakit jantung, stroke, kebutaan, kerusakan saraf di kaki dan penyakit serius lainnya.
5 Kebiasaan ini penyebab Diabetes
Kembali pada rumus dasar, preventive is better than curative. Maka Bismillahirrahmaanirrahiim langkah pencegahan bisa dimulai dengan  sikap menghindari 7 kebiasaan ini agar terhindar dari diabetes. Berikut ini adalah 5 kebiasaan jelek yang sering dilakukan dan akan menjadi penyebab penyakit diabetes:
  1. Kebiasaan kurang tidur. Kurang tidur karena sedang mengerjakan pekerjaan atau sering bergadang bisa menjadi kebiasaan buruk yang merusak tubuh, dan salah satunya menjadi rentan terkena diabates. Tubuh yang kurang tidur bisa menurunkan kemampuan dalam memproses glukosa sehingga resiko diabetes meningkat. Dari itu cukupi kebutuhan tidur minimalnya 6 jam sehari.
  2. Kurang berolahraga atau malas beraktivitas. Tubuh yang kurang berolahraga jug abisa menjadi penyebab lainnya terkena diabetes. Apalagi melakukan aktivitas fisik yang jarang sekali seperti jalan kaki atau sekedar bersepeda membuat tubuh menjadi lebih mudah terkena obesitas dan kelamaan menjadi diabates.
  3. Jarang terkena sinar matahari. Sinar matahari disini adalah sinar matahari yang baik sebagai sumber vitamin D. Untuk mendapatkannya sebenarnya cukup dengan berjemur di pagi hari kurang lebih 20 menit agar kebutuhan vitamin D bagi tubuh terpenuhi. Untuk lebih aman saat tubuh terkena sinar matahari maka bisa digunakan tabir surya sebagai pelindungnya.
  4. Pola makan tidak seimbang, yakni kebiasaan makan yang mengandung lemak tinggi dan kadar manis/gula yang banyak. Kadar gula yang tinggi akan menyebabkan kadar gula darah meningkat dan membuat kelebihan kalori. Kalau setiap hari terjadi kelebihan kalori, maka berat badan akan melewati  batas proporsional atau obesitas. Selain itu, kebiasaan ngemil dan kebiasaan merokok menjadi sumber pencetus penyakit diabetes.
  5. Stres juga menyebbakan diabetes. Ketika mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon epinephrine dan kortisol sehingga gula darah naik. Kalau gula darah sering dipicu karena stres yang berlarut-larut, maka semakin tinggi kadar gula dalam darah sehingga memicu penyakit diabetes.

Seperti penyakit kronis lainnya, penyakit diabetes juga perlu penanganan rutin dan tepat. Dengan mengetahui  penyebab penyakit diabetes, maka tinggal sikap kita untuk membuat pilihan untuk menjauhinya cukup dengan pola hidup sehat dan pola makan yang seimbang. Tidak sulit kan cara untuk menghindari penyakit diabetes dan hidup sehat bahagia.

Share this

Related Posts